-->

TIPS CARA MERAWAT BATIK YANG BENAR

TIPS CARA MERAWAT BATIK YANG BENAR


Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam merawat kain atau baju batik supaya tidak merusak warna corak batik, Diantaranya sebagai berikut:

.1. Hindari penggunaan sabun diterjen,karena sifatnya terlalu keras dalam mengikis warna yang menempel pada kain.

 2.Mencuci dengan cairan khusus yang dijual dipasaran(lerak)atau shampoo.Larutkan air shampoo sehingga tidak ada bagian yang mengental,sehingga tidak merusak warna kain.
TIPS CARA MERAWAT BATIK YANG BENAR

  3. Mencuci kain batik cukup dengan dikucek lembut,terutama pada bagian yang kotor saja.Tidak perlu diperas,cukup ditarik bagian ujung-ujungnya saja agar kain batik lurus kembali.

 4.Hindari menjemur kain/baju batik di tempat yang langsung terkena sinar matahari,cukup dijemur ditempat teduh atau di angin-anginkan saja.

 5.Hindari menyetrika langsung kain/baju batik(setrika bagian dalamnya saja) atau lapisi dengan kain lain pada saat disetrika.

 6.Hindari menyemprot langsung kain/baju batik dengan parfum atau pengharum badan yang lainnya.karena akan merusak warna corakpada batik.

  7 . Pada saat menyimpan kain/baju batik di lemari,hindari menggunakan kapur barus dan sejenisnya,karena akan merusak kain.Untuk mengusir ngengat gunakan lada yang dibungkus tissue,letakkan di sudut lemari pakaian.


Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca semua,terima kasih...

0 Response to "TIPS CARA MERAWAT BATIK YANG BENAR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel